Ariah: Elegan Mengemas Hiburan Rakyat

Jakarta baru saja merayakan ulang tahunnya. Saya bukan warga Jakarta, tapi lahir dan bekerja di kota ini. Mungkin saya seperti banyak warga Jakarta lain. Sesumpek apapun rasanya dengan Jakarta ternyata perlu banyak pertimbangan juga ya kalau mau memutuskan pindah ke tempat lain. Jadi, selama kita masih tinggal atau mencari nafkah di sini, mari menikmati apapun yang kota ini sodorkan. Salah satunya hiburan ulang tahunnya, Ariah.

Awalnya saya sudah membeli dua tiket Ariah untuk saya dan Ibu. Tapi akhirnya Ibu nggak bisa ikut dan akhirnya tiket saya jual. Teman saya, Fika punya jatah tiket untuk 4 orang. Akhirnya Fika mengajak saya dan dua teman kami, Achi dan Dinda buat nonton bareng.

Dibuat oleh tim pertunjukan Matah Ati yang sempat sukses membuat banyak orang terkesima, termasuk saya yang sepanjang Matah Ati nggak hentinya merinding. Ariah mengambil latar belakang Betawi dan menggunakan Bahasa Indonesia. Berbeda dengan Matah Ati yang memakai Bahasa Jawa. Namun satu kesamaan utama dua pertunjukan ini. Tampilan visual yang megah.

ariah-5 ariah-6 ariah-7 ariah-8

Ariah tentu nggak bisa disamakan, apalagi diekspektasikan lebih megah dari Matah Ati, karena menurut saya keduanya punya target penonton yang berbeda. Ariah adalah pertunjukan untuk rakyat. Plot ceritanya jauh lebih sederhana dibanding Matah Ati, begitu pula visualnya. Meski dari segi ukuran, Ariah Β yang digelar di Monas punya panggung lebih besar dan jumlah penonton lebih banyak setiap show-nya. Tapi bukan berarti tim produksi lantas nggak memperhatikan detil dalam pengerjaan Ariah ini. Bayangkan, dari departemen kostum panggung saja terlihat sekali kalau mereka begitu memperhatikan detil dengan menyulam 600 kostum pemainnya.

ariah-4

ariah-9

ariah-9

Saya pulang dengan kesan kalau Ariah adalah contoh hiburan untuk rakyat juga bisa anggun dan cantik. Nggak sabar menunggu karya mereka lagi. :)

ps: Terimakasih Fika untuk tiket nontonnya yang akhirnya jadi acara ‘girls night out’ yang menyenangkan. Kecup juga buat Achi dan Dinda. :*

2 thoughts on “Ariah: Elegan Mengemas Hiburan Rakyat”

Leave a Reply

