Mengabadikan Momennya

Being a mom these days, taking pictures of your little one must be one of our favorite things to do. Itu kenapa invasi foto bayi dan anak sungguh merajalela di Facebook dan (sekarang) Instagram. Hmm, saya juga termasuk Ibu yang cukup sering posting foto anak di Instagram, sih. Maaf ya buat yang timeline-nya jadi banjir foto anak. Tapi memang memotret anak sudah seperti aktivitas alami para Ibu. Gimana nggak? Mahluk mungil satu ini selalu berada di dekat kita dan buat kita ia akan selalu jadi objek menarik.

Saya suka banget melihat foto-foto bayi dan anak-anak di Instagram. Bahkan saya follow beberapa akun Instagram yang nggak saya kenal karena saya suka dengan foto anak-anak mereka. Dari sana juga saya makin sadar kalau sebenarnya ada banyak cara untuk mengabadikan momen anak kita. Coba ingat-ingat foto-foto bayi/anak yang pernah diambil keluarga atau sekitar kita, deh. Biasanya foto-fotonya lebih menekankan ke ‘momen’ dan nggak terlalu memikirkan estetika. Biasanya foto-fotonya sih lebih ke “pose”. Mungkin karena jaman dulu masih pakai rol film, jadi jarang tuh foto yang asal jepret. Pokoknya harus pose.

Screen Shot 2013-06-21 at 1.47.57 PM Screen Shot 2013-06-21 at 1.21.00 PMScreen Shot 2013-06-21 at 1.21.17 PMScreen Shot 2013-06-21 at 1.22.13 PMScreen Shot 2013-06-21 at 1.24.37 PMScreen Shot 2013-06-21 at 1.45.00 PM

Kalau sekarang kan kita beruntung banget. Bisa bebas motret sebanyak yang kita mau. Nah, berdasarkan jepret-jepret iseng yang sudah saya lakukan, ada beberapa tips yang ingin saya bagi buat para  mereka yang hobi motret bayi/anak.

  • Be creative! Try every possible angle. Coba untuk mengambil foto dengan angle sejajar tinggi anak. Bisa juga justru memotret dari jarak yang jauh. Tapi pastikan anak kita tetap aman, ya.
  • Usahakan di sekitar anak, termasuk background, nggak terlalu banyak barang printilan yang bikin foto jadi kelihatan messy dan nggak cakep.
  • Kontras. Cari objek yang kontras supaya foto lebih menarik Bisa dari baju atau aksesoris yang dipakai anak, atau benda di sekitarnya. Pilih 1-2 warna dominan untuk dipadukan dengan warna netral. Don’t put too much colors unless your concept is a colorful photo. 
  • Play with them and let them play! Jangan terus-menerus memaksa mereka untuk lihat kamera apalagi pose. Biarkan mereka melakukan aktivitas mereka. Momen yang berharga itu biasanya justru hadir di saat kita nggak berusaha mengaturnya. ;)
  • Coba deh follow akun-akun Instagram yang isinya foto  keluarga atauanak. Favorit saya: paperlemon, sui_, outtoplay dan bleubird.

Screen Shot 2013-06-21 at 1.59.27 PMScreen Shot 2013-06-21 at 1.58.40 PM

Oya, jangan lupa cetak dan pasang fotonya, ya. Biasanya karena kebiasaan semua serba digital, kita jadi lupa untuk mencetak dan masang foto-foto manis itu di rumah atau meja kerja kita. Saya sendiri biasanya beberapa bulan sekali menyeleksi foto-foto yang ada, baik dari HP maupun kamera, lalu saya cetak deh. Rencananya sih nggak hanya mau dipajang di rumah aja, tapi juga dibikin album foto.

Selamat foto-foto! Have fun! :)

4 thoughts on “Mengabadikan Momennya”

Leave a Reply

