bali trip: bali agung theatre

Bali Agung 4

Kalo sebelumnya saya bahas tentang tempat kami menginap selama di Ubud, Room at Bali. Sekarang saya mau bahas destinasi utama kami. Sebagai keluarga dengan anak batita, tentu saya dan suami mulai menambah perbendaharaan destinasi seperti taman bermain dan kebun binatang. Termasuk saat liburan dalam rangka merayakan ulang tahun pernikahan kami awal Maret lalu. Bukannya ke tempat-tempat romantis, kami justru mampir ke Bali Safari and Marine Park.

Nah, saya mungkin seperti para calon pengunung Bali Safari and Marine Park lainnya, ingin melihat aneka binatang seperti gajah, harimau dan jerapah. Semua binatang itu memang ada di sana dan menyenangkan sekali bisa menikmati aktivitas mereka sambil menghirup udara segar. Meski anak kami ternyata lebih doyan nontonin ikan-ikan di bagian akuarium. Hehe. Namun yang justru bikin saya kagum itu justru Bali Theatre-nya.

Jujur, ketika pertama kali mendengar kalau Bali Safari punya teater, saya hanya berpikir kalau pertunjukannya pasti teater berskala kecil yang dilakukan di luar seperti dan banyak diisi atraksi binatang. Namanya juga bagian dari Bali Safari, kan? Tapi ternyata saya salah, saudara-saudara.  Dan saya sadar saya salah sejak pertama kali masuk ke gedung teater-nya. Gedung teaternya megah dan modern dengan sentuhan tradisional khas Bali. Bagian lobinya luas dengan lighting  berwarna kuning sehingga terkesan hangat. Kapasitas penontonnya 1.200 orang, sama dengan Teater Jakarta di Taman Ismail Marzuki. Namun jujur, saya lebih suka dengan suasana Bali Theatre yang desainnya lebih Indonesia., berbeda dengan Teater Jakarta yang punya kapasitas sama namun desainnya lebih menonjolkan unsur megah nan futuristik.

bali agung

Bagaimana dengan pertunjukannya? Saya berani bilang kalau pertunjukan satu jam  ini bahkan jauh lebih bagus dari pertunjukan musikal yang pernah saya tonton di Jakarta. Dari segi skala pertunjukannya saja Bali Theatre  ini lebih unggul. Pemainnya sekitar 150 orang dengan kostum yang niat. Lighting-nya luar biasa dengan props panggung dan music scoring yang keren. Bahkan ada bagian yang mengingatkan saya dengan film ‘Life of Pi‘. Dari segi ceritanya juga menarik. Menyuguhkan kisah tentang Raja Jaya Pangus yang menikahi putri dari Cina, namun kemudian Raja Jaya Pangus terlibat dalam hubungan cinta dengan Dewi Danu, ratu kerajaan air.

Buat saya, ini salah satu pertunjukan paling menarik yang pernah saya lihat. Mungkin ada beberapa pertunjukan seperti ini di Indonesia. Namun yang bikin saya salut adalah pertunjukan ini digelar 6 kali seminggu (Selasa s.d Minggu) dan biaya yang dikeluarkan setiap pertunjukan sekitar 70 juta! Bayangkan deh kalau kita jadi pemain atau kru yang menggelar sajian epik seperti itu hampir setiap hari selama sekian tahun.

Bali Agung 5  Bali Agung 3 Bali Agung 2 Bali Agung 1

Sayangnya, waktu itu kami telat datang. Saat itu pertunjukan udah berjalan sekitar 15 menit. Itu kenapa pas kebetulan mampir ke Bali  lagi bulan depannya, kami memutuskan untuk nonton lagi. Kali ini kami menggiring teman-teman satu kantor suami. Para anak-anak berlatar belakang produksi video ini pun ternyata kagum juga dengan pertunjukan ini. Berarti cukup sah kalau saya bilang Bali Agung Theater ini bagus. Sekarang kalau ada teman yang liburan ke Bali, saya rekomendasikan untuk menyempatkan diri menikmati teater yang satu ini. Harganya memang nggak murah, sekitar Rp210.000/orang (termasuk tiket masuk ke Bali safari-nya) untuk wisatawan lokal, tapi sepadan kok dengan suguhan yang didapat. :)

*All performance photos are courtesy Bali Theatre.

2 thoughts on “bali trip: bali agung theatre”

Leave a Reply

