15 hal yang saya dapat ketika hamil

1. haus sudah menjadi sahabat baikmu. minum sebanyak mungkin. jus buah (dengan sedikit/tanpa gula) lebih baik. saya minum dua hingga tiga macam jus buah setiap harinya.

2. sayangnya, pipis juga akan menghantuimu. apalagi saat rahim semakin besar dan mulai mendesak kandung kemihmu. coba perbanyak minum saat pagi ke sore dan kurangi saat malam hari supaya saat tidur kamu tidak terlalu sering ke kamar mandi.

3. menonton sepenggal adegan film ‘i am sam’ atau mendengarkan salah satu lagu michael jackson bisa membuatmu sedih lalu menangis, dan kamu tidak bisa mengontrolnya. well, hanya remote control yang bisa. ganti atau matikan! :D

4. beli bantal yang panjangnya dua kali lipat bantal biasa. kalau bisa jangan yang terlalu gembung. saat tidur, kamu akan membutuhkannya. nah, saat kamu tidur menyamping sambil memeluk bantal panjang itu bisa meminta suami untuk memelukmu dari belakang. ;)

5. makan banyak tapi jangan membabi buta. tetap perhatikan gizinya. makan sayur dan buah bisa mengurangi mual, sehat pula. makan tanpa kontrol dan memperhatikan gizi bisa membuat berat badan lebih banyak terdistribusi ke badanmu daripada bayimu. kamu juga tidak ingin jarum timbangan melompat drastis, kan?

6. banyak jalan. saya tidak tahu persis apakah ini yang membuat saya relatif cepat dalam menjalani persainan (empat jam), tetapi banyak jalan selain bagus buat tubuh kita juga bisa untuk menyegarkan pikiran kembali.

7. manjakan diri. pergi ke spa. pijat. mandi air hangat. hamil bisa membuat kita merasa sangat lelah meski tidak melakukan aktivitas berat, karena energi tubuh kita dipakai untuk membentuk janin. dipijat bisa membuat ibu hamil lebih rileks.

8. oya, saya belum bilang kalau emosimu akan mengalami roller coaster? paling tidak itu yang saya rasakan selama hamil, terutama di awal dan akhir.

9. berlibur. kalau usia kehamilan sudah masuk bulan ke-4 hingga ke-7, jangan ragu untuk berlibur atau rekreasi kecil. lakukan kegiatan yang kamu suka supaya kamu senang, selama itu tidak membahayakan janin. namun jangan terlalu lelah. ingat poin 7.

10. banyak berbicara dengan janinmu. ya, dia sudah bisa diajak bicara, lho. berikan kata-kata yang baik dan ajak dia bekerjasama denganmu saat bersalin nanti. ajak juga si ayah untuk “ngobrol” dengannya. :)

11. jangan menonton film yang suaranya terlalu gaduh. saya sempat menonton film action di bioskop saat usia kehamilan sudah cukup besar. hasilnya ada yang gelisah dan terus bergerak di dalam perut saya. tonton film komedi atau yang ringan. sebaiknya hindari film yang terlalu menguras emosi. ingat, hamil itu seperti mengalami PMS (pre menstrual syndrome) selama sembilan bulan.

12. kamu masih boleh meminum secangkir kopi setiap hari. saya memilih tak meminumnya terlalu banyak, hanya saat benarbenar ingin saja.

13. siapkan ilmu mengontrol diri setebal mungkin, terutama bagi para orang tua baru dalam hal belanja perlengkapan bayi.

14. wajar kalau kamu sulit tidur di malam hari. padahal katanya ibu hamil harus sering istirahat. paling tidak kamu berbaring. mungkin mendengarkan suara yang konstan (rintik hujan atau ombak kecil) bisa membuat istirahat jadi lebih berkualitas. cari saja di youtube.

15. tidak perlu meminum susu ibu hamil. apalagi kalau kamu memang tidak terlalu suka susu. kalsium bisa didapatkan lewat buah-buahan.

4 thoughts on “15 hal yang saya dapat ketika hamil”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s