saya sekolah lagi

Sudah lebih dari satu bulan saya tidak menyentuh blog, lebih tepatnya tidak menulis apa-apa. Kalau membalas komentar masih saya lakukan karena ada aplikasi wordpress di blackberry. Alasannya tentu saja karena hadirnya Kirana yang lahir di akhir November lalu. 95% hidup saya sepanjang bulan ini hanya untuk dia. Dalam sehari, waktu buat saya pribadi rata-rata sekitar 5-7 jam yang terdiri dari tidur 2-4 jam.

Gila? Kalau saja ini bukan karena Kira, mungkin saya sudah mengeluh hebat dan jatuh sakit. Bayangkan, setiap hari saya hanya bisa tidur tenang paling lama empat jam. Saat bangun pun saya harus benarbenar curi waktu untuk makan dan mandi, atau memompa ASI (kegiatan baru saya). Lupakan pergi ke mal, jalanjalan dengan suami atau teman, apalagi nonton film di bioskop atau menikmati konser. Selama aktivitas tersebut memakan waktu lebih dari satu jam, maka saya tidak ada pilihan selain membawa anak. Online dan menulis blog seperti sekarang ini bisa saya lakukan setelah berminggu-minggu beradaptasi dan mencoba mencari cara supaya bisa menidurkan Kira lebih dari satu jam.

Minggu lalu teman kampus saya menyapa lewat BBM. Ia bertanya kabar saya, dan obrolan singkat itu berlanjut tentang bagaimana rasanya menjadi seorang ibu. Menjalani hidup sebagai orangtua baru bukan hal mudah. Kegiatan dan prioritas yang berubah drastis, ditambah dengan kebingungan tipikal orangtua baru saat menghadapi bayi harus kami jalani. Senang dan bersyukur luar biasa bercampur dengan bingung, stres dan lelah. Namun betapa lelah atau bingung bahkan jengkelnya kami dengan kondisi, terutama saat anak kami terus menangis dan hampir tidak ada waktu untuk istirahat sejenak, ia juga yang membuat kami waras. “She keeps me sane.”, begitu kata saya saat menyimpulkan pengalaman menjadi ibu selama satu bulan pertama ini.

Sama seperti ibu lain, merawat anak sendiri membuat kami sadar menjadi ibu butuh dedikasi penuh. Setiap keputusan tidak lagi hanya melibatkan diri sendiri sebagai bahan pertimbangan, namun juga anak. Bahkan anak menjadi bahan pertimbangan utama. Pengalaman ini juga membuat saya akhirnya tahu bagaimana Ibu saya (dan juga ibu-ibu lainnya) merawat anak-anaknya. Ini membuat saya semakin sayang dengan Ibu dan menghormati para ibu di sekitar saya.

Merawat anak juga berarti sekolah buat saya. Sekolah paling intens karena saya belajar setiap waktu untuk memahami dan menghadapinya. Saya masih belum apa-apa dibanding ibu-ibu lain. Saya baru mengikuti sekolah ini selama 1,5 bulan. Itu saja sudah membuat saya sadar begitu banyak hal tentang anak yang belum saya ketahui. Sekarang, setiap bisa online informasi yang saya cari pasti seputar anak. Mulai dari kesehatan hingga cara merawat anak. Hal yang luput dari pengamatan saya selama ini. Saya pun heran dengan diri saya sendiri. Kalau sebelumnya saya menjelajah situs YouTube untuk video musik terbaru, sekarang saya mencari video cara memijat bayi.

Untuk suami saya, terima kasih atas dukungannya. Terima kasih selama ini sudah ikut terjaga di malam hari, menggantikan popok, membawakan makanan dan minuman, menenangkan Kira di saat saya sudah lelah, memberi saya semangat ketika rasa percaya diri saya menurun, dan banyak lagi hal yang sudah dan akan kamu lakukan.

Buat semua ibu baru yang sedang “berkenalan” dengan anaknya dan dunia yang benarbenar berbeda ini. Selamat menjalani “sekolah” yang luarbiasa.

Kira, kamu inspirator Ibu. :)

8 thoughts on “saya sekolah lagi”

  1. Niiikk,, tambahin juga, smenjak jadi ibu, pasti lebih sering beli baju/pernak pernik anak daripada diri sendiri, hihihihi ;)
    Sun sayang untuk kirana :*

  2. Selalu ada aja hal baru yg dipelajari ya? Sekolah tanpa akhir ini mah, hihi..
    Biar cape, tapi bahagia.
    CEMUNGUUDH QAQA! ;D
    Pelukcium buat neng Kira dari tantelabu dan labukecil :*

Leave a Reply

