do you sing tumblr?

Internet sebagai media penghubung band dengan para penggemar dan pendengarnya sudah bukan hal awam lagi. Jika pada kurun 90an hingga 2000an band atau musisi banyak berfokus pada situs resmi yang canggih dengan program Flash. Nah, beberapa tahun terakhir media sosial menjadi bagian krusial bagi banyak musisi dalam menyebarkan informasi dan menjaga hubungan dengan pendengarnya. Sejak 2006, jejaring sosial Myspace (sekarang My____ ) seakan menjadi kewajiban setiap musisi, apalagi sebelum Mark Zuckerberg dan Facebook-nya meruak di jagat maya. Sekarang, akun Facebook, Twitter dan YouTube juga dibuat dan diusahakan untuk dikelola sebaik mungkin supaya engagement dengan para penggemar dan calon penggemar terjaga.

Nah, ada satu lagi media sosial yang mulai dilirik oleh musisi, yaitu blog dengan hosting Tumblr. Sebelumnya, Tumblr telah dimaksimalkan oleh mereka yang cinta dan bergerak di bidang fesyen karena pilihan tampilan yang menarik serta sifat posting yang mengedepankan visual. Nah, tampaknya, microblogging seperti Tumblr dianggap cocok juga buat para musisi di mana mereka tak selalu harus membuat teks yang panjang untuk sebuah posting. Sebaris kalimat atau foto pun sudah cukup. Cocok buat mereka yang berniat untuk konsisten menyebarkan informasi dan menjaga hubungan di media sosial, namun terlalu sibuk (atau -ehem- malas) untuk mendedikasikan waktu membuat tulisan panjang.

Saat ini, sudah ada beberapa band lokal yang memilki blog Tumblr. Efek Rumah Kaca, Pure Saturday dan The Brandals adalah tiga di antaranya. Semuanya masih terhitung muda dalam mengisi Tumblr. Efek Rumah Kaca dan Pure Saturday baru mengisi Tumblr sejak bulan Agustus 2011 ini, sementara The Brandals lebih awal dua bulan di Juni 2011. Mudah-mudahan ketiga band ini, dan juga musisi-musisi ber-Tumblr lainnya, bisa konsisten mengisi blog mereka karena jika sudah bicara aktivitas blogging, membuat jauh lebih mudah dibanding konsisten mengisi. Namun dengan kemudahan mengakses dan meng-update Tumblr (bisa lewat Blackberry atau  smartphones lainnya), seharusnya urusan ini bisa teratasi. :)

Artikel lengkap di Salingsilang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s