sulit.bukan mustahil

Tadi malam saya hinggap di beberapa blog yang biasa saya kunjungi, salah satunya adalah blog Sitta Karina. Sebenarnya saya cukup sering mengunjungi blognya, tapi kok bisa melewatkan satu post ini. Tulisannya singkat, namun dalam. Saya yakin, nggak cuma Sitta atau saya yang pernah mengalami situasi di tulisan tersebut. Namun hampir semua orang. Di saat kondisi seakan tidak berpihak kepada kita. Di saat kita merasa sudah begitu berusaha, namun jalan tidak sesuai dengan keinginan kita. Kata ‘menerima’ mungkin lebih mudah diucapkan daripada dipraktekkan. Mulut berkalikali melempar kalimat, “Yes, I’m okay” sambil memamerkan senyum tetapi jauh di ruang sudut sana masih ada tumpukan rasa negatif yang sebenarnya sangat wajar ada.

Lewat proses penerimaan itu, kita belajar tentang diri. Belajar merangkul dunia apa adanya. Seperti kata Sitta,

Sulit. Tapi untungnya hanya sulit, bukan mustahil.

Seberat apapun situasinya. Cepat atau lambat, akhirnya kembali kepada kita bagaimana menyikapinya. Jika hati sudah memutuskan, insyaallah apapun itu kita akan lebih tenang. Jadi ingat salah satu quote yang saya baca beberapa hari lalu, kira-kira begini (dengan sedikit tambahan pribadi)

No matter how hard or painful your decision has been, as long as you can sleep well at night. It means you made the right choice.

Leave a Reply

