#bantuanmerapi #01

Gunung Merapi yang terletak di Jawa Tengah kembali meletus setelah tahun 2006 lalu. Letusan di tanggal 26 Oktober 2010 ini selain memakan korban jiwa, termasuk kuncen Merapi Mbah Maridjan, tentunya menjadi bencana bagi saudara-saudara kita di sekitar Merapi. Ribuan warga terpaksa mengungsi, sementara aktivitas Merapi hingga hari ini masih sulit diprediksi.

Setelah mendengar berita mengenai bencana ini, kami berniat menyalurkan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan para pengungsi di sana. Niat itu dimulai dengan mengabarkan sekaligus mengajak teman-teman yang bekerja di media. Lalu menyebarkan info lewat Twitter dengan hash tag #bantuanmerapi. Alhamdulillah, ternyata banyak sekali teman-teman yang mau membantu. Bantuan berupa makanan, popok, masker hingga pakaian layak pakai terus mengalir ke drop point yang terletak di Jl. Cipete VIII no. 97, Cipete, Jakarta Selatan. Jujur, saya sendiri nggak menyangka respon teman-teman sebesar itu. Jadwal berangkat yang awalnya diputuskan di hari Kamis, 28 Oktober 2010 akhirnya dipindah menjadi Jumat malam, 29 Oktober 2010 karena banyak bantuan yang baru bisa dikirim ke drop point saat hari Jumat. Glenn Fredly yang mengadakan konser amal di FX juga menyalurkan hasil pengumpulan donasinya di drop point #bantuanmerapi.

Akhirnya kami berangkat Sabtu, 30 Oktober 2010 pukul 01.00 WIB dan sampai di kota Yogyakarta sore harinya disambut dengan pekatnya abu di mana-mana. Setengah dari bantuan kami berikan ke posko pertama, Whatevershop (@auliaanindita) yang akan menyalurkan ke posko-posko pengungsian sekitar Merapi. Sisanya kami salurkan bersama radio Prambors Jogja ke daerah Boyolali dan Klaten.

Selain bantuan berupa fisik, banyak teman-teman yang membantu dalam bentuk uang. Hingga hari ini sudah terkumpul sekitar Rp. 17.150.000 dan sebagian besar telah kami belanjakan kebutuhan seperti alas tidur, selimut, alat masak dan obat-obatan. Sisanya akan kami salurkan ke teman-teman di posko Merapi.

Oya, semua bantuan ini atas nama pribadi. Terimakasih buat teman-teman yang telah membantu. Terimakasih untuk teman-teman dari radio yang membantu menyebarkan info #bantuanmerapi. Mudah-mudahan apa yang sudah kita lakukan bermanfaat untuk saudara-saudara kita di sana.

3 thoughts on “#bantuanmerapi #01”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s