melankolis manis mengiris

Kemarin sore saya membiarkan diri saya “ditemani” Jeff Buckley. Awalnya memilih album itu karena cuaca yang mendung jadi sepertinya pas sekali kalau dihibur dengan lagu-lagu musikus sangat berbakat (namun sayang ‘pergi’ terlalu cepat) ini. Biasanya saya hanya memilih beberapa lagu yang selama ini saya suka saja, ‘Last Goodbye’, ‘Everybody Here Wants You’, ‘Lover You Should’ve Come Over’ dan ‘Grace’. Hanya kali ini ingin mendengarkan lagu-lagu lain juga. Dang! saya langsung tersihir di lagu ke-12. Judulnya ‘Je n’en connais pas la fin’. Rasanya lagu itu bisa menyatu dengan sore yang sedang berlangit abu.

Ternyata ini adalah lagu tahun 1939 yang dinyanyikan Edith Piaf. Ia adalah penyanyi legendaris asal Perancis. Salah satu lagunya yang paling populer adalah ‘La vie en Rose’. Judul itu akhirnya dipakai untuk film biografinya yang dirilis 2007 lalu.

Saya sendiri baru ngeh dengan Piaf saat menonton film Saving Private Ryan. Setiap mendengar lagu ini, saya ingat film itu. Setiap ingat film itu, salah satu elemen yang saya ingat adalah saat lagu Edith Piaf dikumandangkan. Masih ingat adegan ini? :)

OK, mungkin Saving Private Ryan terlalu lama. Mungkin ingatan tentang Edith Piaf bisa disegarkan dengan film Inception. Lagu Piaf, ‘Non, je ne regrette rien’ di sini tak hanya sekadar soundtrack film fenomenal ini, tapi juga dasar dari music scoring-nya.

Nggak percaya? Coba dengarkan ini. Bahkan si komposer, Hans Zimmer pun memang mengakui bahwa bangun lagu dan scoring Inception memang mengambil dari lagu tersebut.

Hal menarik lainnya, yang mungkin sudah disadari banyak orang sejak awal, adalah sosok Marion Cotillard di Inception. Mengingat aktris super cantik dan anggun inilah yang memerankan Piaf di film La Vie en Rose. Saya rasa itu bukan kebetulan :)

Well, kembali lagi ke pembahasan awal. Menurut saya lagu ini sangat cantik. Buckley bisa membawakannya dengan sangat berbeda, terdengar lebih melankolis namun tetap manis. Seperti liriknya.

I can’t forget my little square
Even though I’m so far away
I can’t forget my little fair
Maybe it’s still there, still there today
I sometimes hear that little tune
playing in a dream of long ago

And in my brain runs the refrain
That old French refrain I used to know…

“Ah, mon amour
A toi toujours
Dans tes grands yeux
Rien que nous deux”

2 thoughts on “melankolis manis mengiris”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s