ben & nick

Ben Folds. Dulu lebih dikenal dengan Ben Folds Five. Berbekal piano, bas, drum, harmonisasi vokal mantap serta lirik yang lugas-dalam-tak jarang sarkastik, Ben Folds menawarkan aliran berbeda di tengah kepungan musik alternatif di pertengahan 90an.

Pertama kali mengenal musikus Amerika ini saat awal SMA dulu di mana video “One Angry Dwarf and 200 Solemn Faces” dan “Brick” sesekali diputar di MTV. Sejak itu album ‘Whatever and Ever, Amen’ langsung jadi salah satu album yang mewarnai hari-hari saya. Hingga saat ini, album itu masuk di deretan album terkeren sepanjang hidup dan bagi saya Ben Folds adalah salah satu musikus jenius.

Sementara itu, saya mengenal Nick Hornby lewat film yang diadaptasi dari novelnya, High Fidelity. Kalau tidak salah film itu saya tonton saat kelas tiga SMA. Film yang berkisah tentang Rob Gordon (John Cusack), seorang pemilik toko plat yang belajar tentang komitmen. Cerita yang enak diikuti serta pekatnya trivia tentang musik di film ini membuat saya suka dengan penulis asal Inggris ini.

Karya terakhir Hornby yang saya nikmati adalah naskahnya di film ‘An Education’. Film dengan cerita yang tidak rumit namun berhasil memberi pesan super dalam. Nggak heran kalau naskah film yang dibintangi Carey Mullidan dan Peter Sarsgaard ini masuk dalam nominasi Oscar 2010.

Nah, makanya saya seneng banget ketika membaca tweet dari Ben Folds (@BenFolds) beberapa bulan lalu yang mengatakan kalau ia akan berkolaborasi dengan Nick Hornby. Ben menggarap musiknya, Nick menjamah departemen lirik. Kolaborasi itu berbentuk dua belas cerita pendek yang dikemas dalam lagu. Rencananya, album berjudul ‘Lonely Avenue’ ini akan dirilis akhir September 2010. Sumpah, saya nggak sabar pisan!

Ngomong-ngomong, seru juga ya kalau di Indonesia ada musikus dan penulis yang berkolaborasi. :)

ps : kalau mau baca karya Nick Hornby, bisa unduh e-book beberapa novelnya di blog teman saya yang super lincah, titiw ;)

2 thoughts on “ben & nick”

  1. Eh.. ada namaku di situ.. hihi.. jadi enak.. :) aku ada beberapa lagunya dia, tapi gak “segitu ngederinnya”. Beberapa waktu lalu, temenku nyoba aku untuk dengerin satu album ben folds yang.. ng.. duh yang mana ya..? Katanya dia cocok untuk bersepeda. Nanti aku dengerin dengan lebih mendalam deh.. Thx untuk pencerahannya ya nak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s