merasakan gejala-gejala ini?

Apakah hal-hal ini familiar?

* merasa “not good enough”
* frustrasi dengan hubungan, dunia kerja dan resah mencari pekerjaan atau karir yang cocok
* Bingung dengan identitas (Gue siapa?gue apa?apaan ya gue?)
* insecurity regarding the near future
* insecurity concerning long-term plans, life goals
* insecurity regarding present accomplishments

* mulai menganalisa, mengevaluasi hubungan-hubungan pribadi
* merasa kecewa dengan pekerjaan
* mulai bernostalgia tentang jaman kuliah atau sekolah [jaman nongkrong di takor, di balsem, di balhut. Eh, maaf itu kalau kamu alumni FISIP UI ;) ]
* tendency to hold stronger opinions
* bosan dengan lingkungan sosial
* merasa mulai kehilangan kontak dengan teman2 sekolah dan kuliah
* stres karena kondisi finansial (besar pasak daripada tiang)
* sering merasa kesepian
* mulai ada keinginan punya anak (bahkan ada yang mikir punya anak aja nggak perlu bapak/ibunya si anak :p)
* a sense that everyone is, somehow, doing BETTER than you

ini namanya krisis seperempat abad. katanya wikipedia.
tenang, kawan
kamu tidak sendiri
;)

[terinspirasi obrolan di ruang makeup dengan gemmy-opie-erwin-jill setelah live pagi ini]


senayan, 23 april 2009

15 thoughts on “merasakan gejala-gejala ini?”

  1. whew, so true:) hmm, those feeling are just part of the phases in life, better to enjoy every minute of those feelings aja, kali ya, hehe.. miss you sis:)

  2. @lila : selanjutnya? ya paling tidak bisa merasa ‘normal’ dulu krn ternyata fase itu juga dialami orang lain. lalu? tetap bertumbuh dan belajar aja :)

    @ernest : haha, mudahmudahan :P

  3. lam kenal..

    duh senengnya tau kalo bukan g yg SEDANG merasakan sebagian besar point diatas,….masih normal ternyata g…he,he,..

    walau tetep jalanin hdp spt lagu Oppie..i’m single but very happy…

  4. muup….ralat…maksudna…seneng ternyata bukan g aja yg ngerasain hal2 tsbt diatas..he,he,,,saking semangat merasa punya temen sependeritaan..

  5. yup… sangat2 familiar… mungkin 90% hal diatas terjadi sama gw tuh… duh, semoga gw bisa cepat2 melewati fase krisis seperempat abad ini…. tapi kalo gak merasakan fase ini, kita gak akan pernah belajar jadi manusia yg dewasa…. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s