jkt.solo.yk.jkt

lahir di jakarta. besar di sumatera dan sulawesi lalu kembali lagi ke jakarta membuat saya kadang ragu kalau ditanya, “asalnya darimana?”.
rasanya kurang berhak kalau menyebut saya orang jawa atau orang Solo atau orang Yogya atau Klaten atau orang Salatiga. itu kan kampung halaman orang tua, eyang kakung, eyang putri, eyang buyut saya. sementara saya? bisa dibilang tidak pernah menetap di sana. paling lama hanya sekitar 3-4 bulan.
tapi seperti kata ibu saya. masih beruntung punya kampung halaman. punya tempat untuk “pulang”.

jadi saat lebaran lalu saya bersama bapak dan ibu saya mengunjungi kampung halaman kami. menyenangkan bisa menikmati lagi perjalanan dengan kereta yang mungkin bagi sebagian orang akan terasa membosankan dan melelahkan. saya sangat menikmatinya. menikmati deretan sawah hijau kuning coklat di balik jendela. menikmati dempetan rumah sangat sederhana yang berdiri tak jauh dari rel. menikmati lampu-lampu ketika malam tiba.

kunjungan ke kampung halaman kali ini banyak membuat saya berpikir, merefleksikan diri. ada begitu banyak momen kehidupan yang saya tangkap selama saya di sana. sebagian saya rekam ke dalam gambar atau katakata. sebagian lagi hingga saat ini saya biarkan mengendap di kepala. mungkin suatu saat akan saya tuangkan, entah lewat media apa.

lebaran-03

keraton-15

keraton-01

lebaran-13

lebaran-151

lebaran-171

img_7035

lebaran-20

gambar diambil di awal oktober 2008

bintaro, november 2008

15 thoughts on “jkt.solo.yk.jkt”

  1. Alm. Kakek saya, asli dari ‘sana’. Menurut cerita saudara saya, beliau merantau ke Indonesia, lalu bertemu dan menikah dengan Nenek di sini. Saya selalu ‘iri’ sama mereka yang punya kampung halaman. Pengen banget bisa ngerasain ‘pulang’. :-)

  2. sebenarnya saya juga nggak tahu pulang itu sebenarnya ke mana. tempat dan momen yang bisa membuat saya nyaman dan apa adanya akan saya anggap pulang ;)

  3. Foto kedua dari bawah itu membangkitkan kembali niatan curhat yang sempat muncul pada hari-H, tapi urung karena terlalu banyak orang…
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    Cerita nggak ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s