Bertemu dengan Diri di Masa Lalu

:: Sedikit prolog ::

Anda pernah tidak sengaja menemukan bagian dari masa lalu? Misalnya menemukan buku harian saat anda masih anak-anak, coretan gambar yang anda buat di sekolah dasar, atau foto norak saat masih SMP. Lalu setelah itu anda merasa kaget, senang, geli dan bingung dalam waktu bersamaan.

Saya baru saja mengalaminya. Beberapa minggu lalu, saya membongkar isi lemari dan menemukan (semacam) jurnal yang saya tulis sewaktu masih remaja nan naif bin polos. Ini adalah salah satunya. Tulisan ini saya buat sekitar sepuluh tahun yang lalu. Kemungkinan besar terinspirasi dari perang di Timur Tengah. Tidak ada yang saya ubah dalam tulisan ini kecuali memberi judul dan mengubah kata ‘shock‘ yang saya ganti dengan ‘shocked’ .

Selamat menikmati ;)

Cahaya Langit

Aku duduk sendiri menatap cahaya-cahaya di langit yang memecahkan kesunyian. Udara dingin menyentuh kulitku yang tipis. Kupejamkan mataku beberapa detik lalu kubuka kembali, berharap sesuatu yang baik telah terjadi. Aku mulai menangis, namun aku tidak mau berhenti sampai di sini…aku tidak mau pergi dari sini dan aku akan tunggu mereka di sini

Aku memandang bintang-bintang di langit, namun cahaya menyilaukan selalu membuatku shocked dan berpikir, lalu menangis..

Malam ini, kemarin dan esok hari tak sama dengan malam saat aku kecil. Aku tidak mengerti tentang semua omong kosong ini dan itu. Yang kutahu hanyalah suara dari radio yang mengabarkan hal-hal tragis yang menimpa orang-orang tak berdaya, termasuk aku.

Adikku menangis bila mendengar suara ledakan itu. Ia masih balita. Kasihan Ibu. Ia yang selalu menenangkan adik walaupun hatinya gundah.

Kilatan itu telah mengambil nyawa beberapa keluarga dekat kami, dan kami berharap hal itu tak terulang lagi.

Aku berusaha menentramkan hati dan pikiranku. Aku menarik nafas panjang dan mencoba untuk melelapkan diri. Dan aku akan teruskan nanti…

Minggu, 22 Februari 1998

Β 

Leave a Reply

