Hitam-Putih >< Abu-abu

“Life is pretty much in the grays for the most part and if you insist always on black and white… you are going to be very unhappy” [The Last Kiss, 2006]

Sekarang saya sedikit mengerti kenapa sewaktu saya kecil saya sering mendengar orang-orang yang umurnya jauh lebih tua dari saya mengatakan, “Enaknya jadi anak-anak. Nggak banyak pikiran” atau, “Wah, rasanya ingin jadi bocah lagi.” atau apapun bentuk kalimatnya namun artinya kurang lebih sama.

Hari ini sempat mengobrol ringan dengan salah satu sahabat. Intinya mengenai dunia “hitam-putih” dan dunia “abu-abu”. Saya bilang, semakin bertambah umur, saya semakin menyadari bahwa warna “hitam” dan “putih” yang saya tahu itu ternyata semakin menyatu. Tercampur. Menjadi “abu-abu”. Sahabat saya bilang bahwa dia memilih, atau lebih tepatnya ingin, tetap menjadi “hitam-putih” saja.

Tentunya saya tidak menyalahkan pilihan sahabat saya tercinta itu. Hanya terkadang pilihannya untuk melihat “hitam-putih” saja justru membawanya pada kondisi-kondisi yang sulit ia terima. Nah, saat ini dan mungkin di masa yang akan datang sepertinya sulit menilai kondisi atau seseorang atau sekelompok orang hanya dari satu sisi saja.

Tidak ada yang salah dengan sahabat saya. Tidak ada yang salah dengan saya. Saya, sahabat saya atau anda punya referensi yang berbeda. Punya memori yang beragam. Bahkan di saat kita mengalami kondisi yang sama, aspek yang diserap setiap individu pasti tidak ada yang seratus persen sama. Mungkin itu kenapa manusia diprogram untuk hidup bersama. Supaya bisa berbagi sudut pandang.

2 thoughts on “Hitam-Putih >< Abu-abu”

Leave a Reply

